CONTOH TP, ATP DAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH

Sahabat Guruku, kami akan membagikan contoh TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan modul ajar kurikulum merdeka mata pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam, Fikih, Bahasa Arab, Alqur'an Hadis, dan Akidah Akhlak untuk MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah).  

Madrasah menerapkan Kurikulum Merdeka di Madrasah dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan memberi ruang kreasi dan inovasi dalam mengembangkan kurikulum operasional di madrasah.

CONTOH TP, ATP DAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH

Kurikulum Merdeka di Madrasah adalah kurikulum mata pelajaran selain PAI dan Bahasa Arab yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kurikulum Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab khusus Madrasah yang dikembangkan oleh Kementerian Agama, dan nilai-nilai kekhasan Madrasah yang dikembangkan oleh madrasah. 

Implementasi kurikulum merdeka di madrasah adalah pelaksanaan kurikulum yang memberi ruang kreativitas dan inovasi kepada madrasah dalam mengembangkan kurikulum operasional pada tingkat satuan pendidikan.

Penguatan profil pelajar Pancasila pada madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. 

Pelajar Pancasila adalah pelajar yang cara berpikir, sikap dan perilakunya mencerminkan nilai-nilai luhur universal pancasila dan memelihara toleransi terhadap persatuan bangsa dan terwujudnya perdamaian dunia. Pelajar Pancasila juga memiliki pengetahuan dan keterampilan berpikir yang meliputi: berpikir kritis, pemecahan masalah, metakognisi, komunikasi, kolaborasi, inovasi, kreativitas dan literasi informasi. Pelajar Pancasila memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, toleran terhadap orang lain, memiliki prinsip anti kekerasan baik secara fisik maupun verbal, dan menghormati tradisi.

Kehadiran siswa madrasah sebagai Pelajar Pancasila di tengah kehidupan dapat menciptakan tatanan dunia yang penuh kedamaian dan kasih sayang. Pelajar Pancasila selalu mengajak mereka untuk mewujudkan perdamaian, kebahagiaan dan keamanan di dunia dan akhirat.

Profil pelajar rahmatan lil alamiin adalah profil pelajar Pancasila di madrasah yang mampu mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di madrasah, serta mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosok yang moderat, bermanfaat di tengah kehidupan masyarakat yang beragam serta berkontribusi aktif menjaga keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia.  Pelajar Pancasila yang rahmatan lil alamiin mengajak untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan untuk sesama manusia serta semua makhluk ciptaan Allah swt., Tuhan yang Maha Esa.

Perangkat ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Capaian Pembelajaran. Perangkat ajar meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, Unit Kegiatan Belajar Mandiri, modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila, kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya. Guru dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar dapat langsung digunakan guru untuk mengajar ataupun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran.

Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Guru memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik.  Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, atau menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik. Guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran/RPP/modul ajar.

Berikut contoh TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan modul ajar kurikulum merdeka untuk MI, MTs, dan MA:
TP, ATP dan modul ajar kurikulum merdeka Fikih DOWNLOAD
TP, ATP dan modul ajar kurikulum merdeka Bahasa Arab DOWNLOAD
TP, ATP dan modul ajar kurikulum merdeka Akidah Akhlak DOWNLOAD
TP, ATP dan modul ajar kurikulum merdeka Alqur'an Hadis DOWNLOAD
TP, ATP dan modul ajar kurikulum merdeka SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) DOWNLOAD