Capaian Pembelajaran (CP) Fase D Kelas 7 8 9 SMP/MTS Semua Mapel

Sahabat guruku, kami akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) fase D SMP/MTS/Program Paket B kurikulum merdeka untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS. Capaian Pembelajaran (CP) ini ditetapkan oleh Pemerintah yang tersusun dalam setiap fase.

Capaian Pembelajaran (CP) Fase D Kelas 789 SMP/MTS Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Kurikulum merdeka mencerminkan kemandirian belajar dan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum ini mencakup karakteristik satuan pendidikan, profil peserta didik, struktur kurikulum dan rancangan belajar. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan ajar serta metode pendidikan yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan sesuai dengan karakteristik, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh karena itu, satuan pendidikan menyusun kurikulum agar program pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi daerahnya.

Perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka dimulai dengan menjabarkan capaian pembelajaran (CP) yang menjadi tujuan pembelajaran ini. Capaian pembelajaran (CP) dianalisis kompetensi dan kontennya untuk menentukan tujuan pembelajaran. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase.

Capaian pembelajaran merupakan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan diperoleh siswa setelah menyelesaikan materi pembelajaran tertentu. Tujuan capaian pembelajaran ini adalah untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Dengan capaian pembelajaran, siswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran kritis dan analitis serta kemampuan menggunakan pengetahuan yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Tujuan dari capaian pembelajaran adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan mendalam untuk memahami konsep, menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata dan mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan pokok bahasan.

Capaian pembelajaran diuraikan menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang bersifat operasional dan konkret. Perumusan tujuan pembelajaran meliputi kompetensi dalam lingkup materi.

Dalam menyusun perencanaan pembelajaran, satuan pendidikan memperhatikan beberapa hal seperti memahami Capaian Pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran.

Berikut contoh capaian pembelajaran (CP) Pendidikan Pancasila fase D SMP/MTS:
ElemenCapaian Pembelajaran
PancasilaPeserta didik mampu menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara. Peserta didik memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945Peserta didik memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi. Peserta didik memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta didik memahami peraturan perundangundangan dan tata urutannya; mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara.
Bhinneka Tunggal IkaPeserta didik mampu mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat. Peserta didik memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya. Peserta didik menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global.
Negara Kesatuan Republik IndonesiaPeserta didik mampu mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; peserta didik turut menjaga keutuhan wilayah NKRI. Peserta didik mampu menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi. Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan. Peserta didik menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antar lembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.

Dengan mencapai capaian pembelajaran, siswa mampu mengembangkan potensinya secara optimal dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Capaian Pembelajaran (CP) terdiri dari rasional mata pelajaran, tujuan mata pelajaran, karakteristik mata pelajaran (elemen dan deskripsi), dan capaian pembelajaran mata pelajaran berdasarkan setiap elemen.

Silahkan download file Capaian Pembelajaran (CP) fase D SMP/MTS untuk kelas 7, 8, 9 dalam bentuk word/doc:
  1. CP Fase D Bahasa Indonesia  DOWNLOAD
  2. CP Fase D Bahasa Inggris  DOWNLOAD
  3. CP Fase D Informatika  DOWNLOAD
  4. CP Fase D IPA  DOWNLOAD
  5. CP Fase D IPS  DOWNLOAD
  6. CP Fase D Matematika  DOWNLOAD
  7. CP Fase D PAI dan Budi Pekerti  DOWNLOAD
  8. CP Fase D Pendidikan Pancasila  DOWNLOAD
  9. CP Fase D PJOK  DOWNLOAD
  10. CP Fase D Prakarya Budi Daya  DOWNLOAD
  11. CP Fase D Prakarya Kerajinan  DOWNLOAD
  12. CP Fase D Prakarya Pengolahan  DOWNLOAD
  13. CP Fase D Prakarya Rekayasa  DOWNLOAD
  14. CP Fase D Seni Musik  DOWNLOAD
  15. CP Fase D Seni Rupa  DOWNLOAD
  16. CP Fase D Seni Tari  DOWNLOAD
  17. CP Fase D Seni Teater  DOWNLOAD
Terima kasih telah membaca artikel tentang Capaian Pembelajaran (CP) fase D SMP/MTS/Program Paket B kurikulum merdeka untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dalam memahami capaian pembelajaran fase D. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar pengetahuan tentang capaian pembelajaran dapat tersebar lebih luas.

Sampai jumpa di postingan menarik lainnya, terima kasih.

Silahkan download juga untuk perangkat pembelajaran kurikulum merdeka lainnya: