Capaian Pembelajaran (CP) Fase B Kurikulum Merdeka Kelas 3 dan 4 SD/MI Semua Mapel

Halo Sahabat Guruku, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel ini yang akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) fase B untuk kelas 3 dan kelas 4 SD/MI kurikulum merdeka. Mari kita mulai dengan memberikan salam hangat kepada semua pembaca yang setia. Selamat datang kembali di dunia pembelajaran yang penuh dengan pengetahuan dan pengalaman baru. Kami berharap Kamu telah menikmati perjalanan pembelajaran sejauh ini dan siap untuk melanjutkan petualangan ini bersama kami. Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita lanjutkan membaca.

Capaian Pembelajaran (CP) Fase B Kurikulum Merdeka Kelas 3 dan 4 SD/MI Semua Mapel

Dengan pendekatan yang lebih kreatif dan inklusif, kurikulum merdeka diharapkan mampu menghasilkan capaian pembelajaran yang lebih holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Merumuskan tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka setelah memahami capaian pembelajaran (CP), pendidik akan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase.

Pada tahap ini, pendidik mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang telah dikumpulkannya pada tahap sebelumnya, untuk merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang dikembangkan ini perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya pada penghujung fase mereka dapat mencapai capaian pembelajaran.

Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, pendidik perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran. Pada capaian pembelajaran PAUD, penyusunan tujuan pembelajaran mempertimbangkan laju perkembangan anak, bukan kompetensi dan konten seperti pada jenjang lainnya. Dalam pendidikan khusus, tujuan pembelajaran tidak hanya mencakup kompetensi dan isi, tetapi juga variasi dan adaptasi layanan.

Capaian Pembelajaran (CP) bahasa Indonesia pada fase B kelas 3 dan kelas 4 menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Siswa-siswa mampu memahami cerita sederhana dan menuliskan kalimat dengan benar. Mereka juga mampu mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah cerita.

Selain itu, mereka mulai mampu menggunakan sinonim dan antonim dalam kalimat. Kemampuan menyusun paragraf pun mulai terlihat, meskipun masih perlu ditingkatkan. Dalam kelas 4, capaian pembelajaran semakin meningkat, siswa dapat menulis cerita pendek dengan alur yang jelas.

Mereka juga mampu membedakan jenis teks deskriptif, naratif, dan eksplanasi. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia pada fase B kelas 3 dan 4 menunjukkan progres yang menggembirakan.

Berikut contoh capaian pembelajaran (CP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) fase B untuk kelas 3 dan 4 SD/MI:
ELEMENCAPAIAN PEMBELAJARAN
PANCASILAPeserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Bhinneka Tunggal IkaPeserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya. Peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Negara Kesatuan Republik IndonesiaPeserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami lingkungan
sekitar (RT/RW/desa/ kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Untuk Capaian Pembelajaran Matematika pada fase B kelas 3 dan kelas 4. Saat memasuki fase B, siswa-siswa kelas 3 dan kelas 4 menunjukkan peningkatan yang mengesankan dalam pembelajaran matematika.

Mereka mampu menguasai konsep-konsep dasar seperti operasi hitung, pengukuran, dan pemecahan masalah. Selain itu, mereka juga mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis. Dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang menarik, seperti permainan dan aktivitas kelompok, siswa-siswa ini semakin termotivasi dan percaya diri dalam menjawab tantangan matematika. Capaian mereka pada Fase B menjadi landasan yang kuat untuk perkembangan selanjutnya dalam mempelajari matematika.

Silahkan download file Capaian Pembelajaran (CP) fase B dalam bentuk word/doc :
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) IPAS Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Budi Pekerti Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PJOK Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PPKn Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Musik Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Rupa Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Tari Fase B  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Teater Fase B  Download
Dengan demikian, Capaian Pembelajaran (CP) fase B untuk kelas 3 dan kelas 4 SD/MI kurikulum merdeka menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dalam proses pendidikan. Semoga capaian ini dapat menjadi pijakan yang kokoh bagi para siswa dalam menghadapi tahap-tahap pembelajaran berikutnya.

Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman, terima kasih.