Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase D Kelas 7, 8, 9 SMP/MTS

Sahabat guruku, kami akan membagikan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) fase D untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS.

Guru harus melengkapi beberapa perangkat pembelajaran seperti capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul ajar, dan satu lagi yakni modul projek.

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase D Kelas 7, 8, 9 SMP/MTS

Modul P5 Fase D adalah langkah penting dalam perjalanan belajar kamu. Dalam modul ini, kamu akan menjadi ahli dalam mengimplementasikan dan menganalisis data menggunakan teknik-teknik terbaru. kamu akan mempelajari berbagai metode dan alat yang akan membantu Kamu menguasai analisis data dengan lebih baik. Selain itu, modul ini juga akan membantu kamu meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama tim. Dengan pengenalan modul ini, kamu akan siap untuk menghadapi tantangan dan kesempatan baru dalam dunia analisis data.

Modul projek merupakan perangkat ajar yang dikembangkan untuk mengarahkan warga sekolah untuk melaksanakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal ini modul projek menggambarkan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project based learning).

Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini akan dilakukan secara fleksibel baik dari segi isi maupun waktu pelaksanaan. Isi proyek profil harus berkaitan dengan capaian profil siswa Pancasila sesuai tahapan siswa dan tidak boleh berhubungan dengan hasil belajar mata pelajaran. Dari segi manajemen waktu, proyek dapat dilaksanakan dengan menambahkan pembagian jam proyek semua mata pelajaran, dan jumlah waktu setiap proyek tidak harus sama.

Modul projek sebagai salah satu perangkat pembelajaran harus disusun sesuai dengan setiap fase atau tahap perkembangan peserta didik, dengan mempertimbangkan topik dan isu proyek dan berdasarkan pembangunan jangka panjang. Bagian yang terpenting dari modul projek ini adalah dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.

Untuk tingkatan SMP/MTS/SMPLB/Paket B, Dalam satu tahun ajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya 3 atau 4 projek dengan tema berbeda.

Modul projek dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dari proses penyusunannya dan diperlukan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Modul projek pada dasarnya memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

Profil Modul
  • Tema dan topik atau judul modul
  • Fase atau jenjang sasaran
  • Durasi kegiatan
  • Pemetaan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan projek profil
  • Rubrik pencapaian berisi rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik (Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah)
Aktivitas 
  • Alur aktivitas projek secara umum 
  • Penjelasan tahapan kegiatan dan asesmennya 
Asesmen 
  • Instrumen pengolahan hasil asesmen untuk menyimpulkan pencapaian projek profil
  • Rubrik pencapaian (kecuali PAUD) berisi rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase.
Modul P5 Fase D memiliki tujuan dan manfaat yang sangat penting. Modul ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep penting dalam fase D, seperti pengumpulan dan analisis data, serta penyusunan laporan hasil proyek.

Dengan menggunakan modul ini, peserta pelatihan akan dapat memahami dan mengimplementasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam fase D proyek. Selain itu, modul ini juga memberikan manfaat berupa peningkatan keterampilan analisis data, kemampuan komunikasi, dan kemampuan menyusun laporan yang baik dan efektif.

Dengan demikian, modul P5 Fase D menjadi alat yang sangat berharga bagi peserta pelatihan untuk mengembangkan diri mereka dalam proyek-proyek yang mereka lakukan.

Media pembelajaran dalam Modul P5 Fase D dirancang dengan cermat untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Melalui penggunaan media seperti video, audio, dan gambar, siswa dapat memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik.

Selain itu, media pembelajaran ini juga dilengkapi dengan aktivitas dan tugas yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, Modul P5 Fase D menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Semoga modul projek ini bisa dijadikan pedoman buat para pendidik di lingkungan sekolahnya. Berikut contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) fase D untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS:
  • Bangunlah Jiwa dan Raganya - Kesejahteraan Diriku Dari Saya Dan Untuk Saya.  DOWNLOAD
  • Bhinneka Tunggal Ika - Konflik Bikin Dewasa.  DOWNLOAD
  • Gaya Hidup Berkelanjutan - Projek Jejak Karbon Kita.  DOWNLOAD
  • Kearifan Lokal - Eksplorasi Empon-Empon.  DOWNLOAD
  • Kewirausahaan - Wirausaha Yang Bertanggung Jawab.  DOWNLOAD
  • Projek Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI - Filter Faedah Konten Media Sosial yang Berfaedah untuk Semua.  DOWNLOAD
  • Suara Demokrasi - Peran Media Sosial Dalam Demokrasi Masa Kini.  DOWNLOAD
Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kamu mendapatkan wawasan yang berharga tentang modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) fase D untuk kelas 7, 8, 9 SMP/MTS. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya.