Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 5 SD Fase C Kurikulum Merdeka

Sahabat guruku, kami akan membagikan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 5 SD/MI fase C. ATP disebut juga dengan silabus pada kurikulum 2013. Pada kurikulum merdeka ini silabus diganti dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 5 SD Fase C Kurikulum Merdeka

Alur tujuan pembelajaran merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang diurutkan secara logis menurut urutan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase. Alur tujuan pembelajaran disusun secara linier menurut urutan kegiatan pembelajaran dan pendidikan yang dilaksanakan hari demi hari. Prinsip awal Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): relevan, berkesinambungan, kontekstual dan sederhana.

Dalam proses perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan, kebutuhan siswa-siswi dan kesiapan satuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang disusun dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) menjadi dasar bagi pengajar untuk menyusun perencanaan pembelajaran.

Berikut pilihan dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan kesiapan dan kondisi masing-masing satuan pendidikan yaitu sekolah.

Satuan Pendidikan menggunakan inspirasi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Perangkat Ajar dan diakhiri dengan refleksi pembelajaran.

Satuan pendidikan melakukan modifikasi terhadap dokumen-dokumen penyusun perencanaan pembelajaran  berdasarkan contoh yang diberikan, seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Perangkat Ajar. Modifikasi dilakukan agar disesuaikan dengan karakteristik siswa-siswi dan kondisi satuan pendidikan.

Unit sekolah mengembangkan dokumen seperti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran berdasarkan refleksi yang dilakukan dan mencari sumber lain yang diperoleh, tanpa mempertimbangkan prinsip-prinsip persiapan.

Satuan pendidikan mengembangkan dokumen perencanaan pembelajaran seperti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), perangkat pembelajaran yang kontekstual dan serbaguna yang dapat menginspirasi penggunaan di satuan pendidikan lainnya. Selain itu, lembaga pendidikan memanfaatkan teknologi dalam penyusunan pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang inovatif.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) ini terdiri dari Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran, Perkiraan Jumlah, Jam Kata/Frasa Kunci dan Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat, Profil Pelajar Pancasila, Glosarium. Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pembelajaran IPAS kelas 5 SD/MI fase C: 

Tujuan Pembelajaran1. Menganalisis hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk jaring-jaring makanan.
2. Mendeskripsikan proses transformasi antarmakhluk hidup dalam suatu ekosistem.
3. Mendeskripsikan bagaimana transformasi energi dalam suatu ekosistem berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam.
Materi PembelajaranHarmoni dalam Ekosistem
Alokasi Waktu22 JP
Profile Pelajar Pancasila• Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia • Berkebhinekaan Global • Mandiri • Bernalar • Kritis • Kreatif

Pengenalan konsep matematika dasar juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika adalah bahasa universal yang memungkinkan kita untuk memahami pola, keteraturan, dan hubungan antara berbagai objek dan fenomena di dunia ini.

Dengan memahami konsep-konsep dasar seperti bilangan, operasi matematika, geometri, dan pengukuran, kita dapat memecahkan berbagai masalah sehari-hari dengan lebih efisien. Matematika juga membantu kita dalam pengambilan keputusan, perencanaan keuangan, dan pemecahan masalah di berbagai bidang.

Melalui pemahaman yang baik terhadap konsep-konsep matematika dasar, kita dapat melatih kemampuan berpikir logis, analitis, dan kreatif. Oleh karena itu, pengenalan konsep matematika dasar sejak dini sangatlah penting untuk membentuk dasar pemahaman matematika yang kuat.

Berikut file Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 5 SD/MI fase C kurikulum merdeka yang bisa di download di bawah ini :
  • ATP Matematika Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
  • ATP IPAS Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
  • ATP PAI dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Fase C  Download
  • ATP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
  • ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
  • ATP Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
  • ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater) Kelas 5 SD/MI Fase C  Download
Terima kasih telah membaca artikel tentang Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 5 SD/MI fase C. Dalam artikel ini, kita telah menggali lebih dalam mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa kelas 5.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi baru bagi kamu dalam memahami dunia pendidikan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Kamu, agar mereka juga dapat menikmati informasi yang berharga ini.

Sampai jumpa di postingan menarik lainnya! Terima kasih.

Silahkan download juga untuk perangkat pembelajaran kurikulum merdeka lainnya: