Capaian Pembelajaran (CP) Fase C Kelas 5 dan 6 SD/MI Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Sahabat guruku, apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel kami yang akan membagikan Capaian Pembelajaran (CP) fase C kurikulum merdeka untuk kelas 5 dan 6 SD/MI. Bagaimana kabar kalian di hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan penuh semangat. Mari kita mulai perjalanan pembelajaran ini dengan hati terbuka dan pikiran yang siap menyerap ilmu. Dalam artikel ini, kami akan membahas capaian pembelajaran yang telah dicapai oleh peserta didik kelas 5 dan 6 dalam fase C. Tetaplah bersama kami dan nikmati pembahasan menarik ini. Jadi, silakan lanjutkan membaca. Selamat menikmati!

Capaian Pembelajaran (CP) Fase C Kelas 5 dan 6 SD/MI Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Capaian Pembelajaran (CP) kurikulum merdeka merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai siswa pada setiap fasenya, dimulai dari tahap dasar PAUD. Jika dianalogikan dengan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan (fase).

Untuk mencapai garis finis, pemerintah membaginya dalam enam tahapan yang disebut fase. Setiap tahap berlangsung 1-3 tahun. Capaian pembelajaran setiap tahapan dan jenjang pembelajaran ditetapkan dengan arahan kepala BSKAP no. 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah dalam kurikulum merdeka.

Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, langkah selanjutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah mengembangkan alur tujuan pembelajaran. Dalam alur tujuan pembelajaran sebenarnya terdapat tugas yang serupa dengan silabus, yaitu perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran dan penilaian, biasanya selama satu tahun.

Oleh karena itu, guru hanya dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran, dan guru dapat memperoleh alur tujuan pembelajaran tersebut dengan merancang sendiri berdasarkan CP, mengembangkan dan memodifikasi contoh yang diberikan, atau menggunakan contoh yang diberikan oleh pemerintah.

Di Fase C, pengenalan capaian pembelajaran menjadi kunci utama. Tidak lagi cukup hanya memahami materi, tapi bagaimana menerapkannya dalam situasi nyata. Siswa-siswa dihadapkan pada tantangan yang menguji kemampuan mereka untuk berpikir kreatif, berkolaborasi, dan menyelesaikan masalah.

Dengan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, mereka diajak untuk merancang solusi inovatif dan menguji keberhasilannya. Fase C menjadi panggung penting bagi pengembangan kemampuan mereka tidak hanya dalam hal pengetahuan, tetapi juga keterampilan yang relevan dengan dunia nyata.

Itulah mengapa Fase C menjadi landasan kokoh bagi pencapaian pembelajaran yang komprehensif dan berkelanjutan.

Berikut contoh capaian pembelajaran (CP) Matematika fase C untuk kelas 5 dan 6 SD/MI:
ELEMENCAPAIAN PEMBELAJARAN
BilanganPada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
AljabarPada akhir fase C, peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 (contoh : 10 x … = 900, dan 900 : … = 10)
Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian. Mereka dapat bernalar secara proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari- hari yang terkait dengan proporsi.
PengukuranPada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
GeometriPada akhir fase C, peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak.
Analisis Data Dan PeluangPada akhir fase C, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat menentukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu percobaan acak.

Dalam fase C pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 5 dan 6, para siswa akan dibawa dalam petualangan tak terbatas. Seperti seorang penjelajah kata-kata, mereka akan melangkah dengan penuh keberanian menuju dunia imajinasi yang belum pernah terjamah sebelumnya.

Dalam setiap kalimat yang terucap, mereka akan menemukan kekuatan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka dengan bahasa yang indah dan menggugah jiwa. Dalam langkah-langkah yang kuat, mereka akan mempelajari tata bahasa yang rumit dan rahasia dari puisi yang mempesona.

Di bawah cahaya kebijaksanaan guru, mereka akan menjadi penulis yang tangguh dan pembaca yang cerdas. Dengan Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C, Kelas 5 dan 6 akan melangkah maju dengan keyakinan dan kebanggaan, menjelajahi dunia kata-kata yang tak terbatas dan menemukan diri mereka dalam setiap kalimat yang tercipta.

Silahkan download file Capaian Pembelajaran (CP) fase C dalam bentuk word/doc:
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PPKn Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) IPAS Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Budi Pekerti Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PJOK Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Teater Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Rupa Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Musik Fase C  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Tari Fase C  Download
Akhirnya, kami mencapai akhir dari artikel ini tentang Capaian Pembelajaran (CP) fase C kurikulum merdeka untuk kelas 5 dan 6 SD/MI. Kami berharap artikel ini telah memberikan wawasan yang bermanfaat bagi kamu dalam memahami kemajuan belajar siswa di fase ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga dapat memperoleh manfaat yang sama. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Semoga harimu menyenangkan!