Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI Semua Mapel

Halo Sahabat Guruku, apa akabar semuanya? Selamat datang kembali di artikel kami yang penuh dengan pengetahuan baru! Pada kesempatan kali ini, mari kita eksplorasi bersama mengenai Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI. Sudahkah kalian siap untuk memulai petualangan belajar yang menarik ini? Baiklah, mari kita mulai! Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang capaian pembelajaran yang harus dicapai pada fase ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kalian. Yuk, lanjutkan membaca!

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI Semua Mapel

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI adalah pencapaian kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diharapkan dicapai oleh siswa pada tahap awal pembelajaran.

Fokus utamanya adalah memahami konsep dasar dan menciptakan dasar yang kuat untuk pembelajaran lebih lanjut. Melalui Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI, siswa diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang kokoh dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk sukses di tahap selanjutnya.

Tujuan dari Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI adalah untuk memberikan fondasi yang kokoh bagi para siswa dalam memahami konsep-konsep dasar yang akan mereka butuhkan selama perjalanan pendidikan mereka.

Dengan memfokuskan pada pembelajaran interaktif dan pemberian motivasi kepada siswa, tujuan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi. Melalui pendekatan kreatif dan inovatif, para siswa diharapkan dapat mengasah keterampilan mereka dalam berpikir kritis, berkomunikasi efektif, serta bekerja sama dalam tim.

Dengan demikian, Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI memberikan landasan yang solid bagi pertumbuhan intelektual dan sosial siswa di masa depan.

Kemampuan berbahasa dan bernalar adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dengan kemampuan berbahasa, manusia dapat menyampaikan pikiran, emosi, dan gagasan secara jelas dan teratur.

Bernalar memungkinkan kita untuk memproses informasi, membuat keputusan yang bijaksana, dan menyelesaikan masalah dengan kreativitas. Kombinasi dari keduanya menciptakan kemampuan komunikasi yang luar biasa, memungkinkan manusia untuk bertukar ide, membangun hubungan, dan memajukan peradaban.

Kemampuan berbahasa dan bernalar merupakan landasan utama bagi perkembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Berikut contoh capaian pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia fase A untuk kelas 1 dan 2 SD/MI:
ELEMENCAPAIAN PEMBELAJARAN
MenyimakPeserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca Dan MemirsaPeserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara Dan MempresentasikanPeserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Elemen Capaian Pembelajaran
MenulisPeserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari hari

Komunikasi dengan teman sebaya adalah sesuatu yang penuh dengan kegembiraan dan kegembiraan. Kami berbagi tawa, cerita, dan rahasia bersama, menciptakan ikatan yang kuat di antara kita. Kami menggunakan bahasa yang santai dan akrab, tanpa batasan atau peraturan yang kaku.

Namun, saat berkomunikasi dengan orang dewasa, suasana menjadi lebih serius dan terstruktur. Kami menggunakan bahasa yang lebih sopan dan hormat, menghargai pengetahuan dan pengalaman mereka. Kami mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan kejelasan, menghindari kata-kata yang mungkin dianggap tidak pantas atau tidak sopan.

Meskipun ada perbedaan dalam gaya komunikasi antara teman sebaya dan orang dewasa, keduanya memiliki nilai yang sama pentingnya. Melalui komunikasi dengan teman sebaya, kita belajar tentang kebersamaan, persahabatan, dan dukungan.

Sedangkan melalui komunikasi dengan orang dewasa, kita belajar tentang pengetahuan, pengalaman, dan pandangan dunia yang lebih luas. Bagaimanapun, penting bagi kita untuk terus belajar dan berkembang dalam kemampuan berkomunikasi dengan baik di kedua lingkungan ini.

Komunikasi yang efektif membantu kita membangun hubungan yang sehat, memecahkan masalah, dan mencapai tujuan bersama. Dengan menghormati perbedaan dalam gaya komunikasi, kita dapat memperkaya diri kita sendiri dan memahami dunia dengan lebih baik.

Silahkan download file Capaian Pembelajaran (CP) fase A dalam bentuk word/doc :
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Budi Pekerti Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PJOK Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) PPKn Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Musik Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Rupa Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Tari Fase A  Download
  • Capaian Pembelajaran (CP) Seni Teater Fase A  Download
Saat ini, kita telah menyelesaikan perjalanan artikel ini mengenai Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Fase A Kelas 1 dan 2 SD/MI. Melalui artikel ini, kita telah menjelajahi puncak-puncak pengetahuan dan memperluas wawasan kita. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan inspirasi bagi kamu.

Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga dapat menikmati hal-hal menarik yang telah kita bahas. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!