Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 10 SMA/MA Fase E Kurikulum Merdeka

Sahabat guruku, Hai, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel ini yang akan membagikan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) fase E kelas 10 SMA/MA kurikulum merdeka untuk semua mata pembelajaran. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, penting bagi kita untuk memahami bagaimana tujuan pembelajaran dapat membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka. Melalui kurikulum Merdeka, kita dapat mengeksplorasi alur pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan kreatif. Jadi, mari kita terus membaca dan mengeksplorasi lebih lanjut. Silakan lanjutkan membaca!

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 10 SMA/MA Fase E Kurikulum Merdeka

Pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik merupakan suatu metode yang mengedepankan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam pendekatan ini, guru bertindak sebagai fasilitator yang membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi dan keterampilan mereka.

Peserta didik diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi yang aktif dengan lingkungan belajar. Pembelajaran dilakukan secara kolaboratif, di mana peserta didik diajak untuk bekerja sama dalam tugas-tugas kelompok dan berbagi ide-ide mereka.

Pendekatan ini juga mendorong peserta didik untuk belajar secara mandiri, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas.

Ki Hajar Dewantara, sosok yang menginspirasi dengan filsafat ajarannya. Pendidikan sebagai simbol kebebasan. Membangun karakter, bukan hanya akademik. Menghargai perbedaan, mewujudkan persatuan. Pendidikan bukan sekadar mengisi kepala, tetapi menyentuh hati.

Memupuk semangat belajar, menggali potensi diri. Menyemai nilai-nilai luhur, membentuk generasi penerus. Ki Hajar Dewantara, cahaya bagi dunia pendidikan.

Kemampuan numerasi dan literasi sangat penting bagi peserta didik. Dengan kemampuan ini, mereka dapat memahami dan memanfaatkan informasi serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini membantu mereka menjadi lebih siap menghadapi masa depan.

Pengelompokkan peserta didik berdasarkan fase perkembangan menjadi penting dalam pendidikan. Dengan memahami karakteristik mereka, guru dapat memberikan pendekatan yang sesuai untuk memaksimalkan potensi setiap individu.

Melalui pendekatan ini, proses belajar akan menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi semua peserta didik.

Pelajar Pancasila merupakan generasi muda yang memiliki peran penting dalam membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara. Mereka adalah penuntun arah yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap mereka.

Melalui pendidikan yang kokoh dan pemahaman mendalam tentang Pancasila, mereka dapat menjadi penerus cita-cita bangsa untuk mencapai keadilan, persatuan, dan kesejahteraan. Dalam kehidupan sehari-hari, Pelajar Pancasila menunjukkan sikap yang santun dan hormat kepada sesama, tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau budaya.

Mereka mampu menjaga kebersamaan dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Selain itu, mereka juga berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan berkontribusi dalam pembangunan sosial.

Profil Pelajar Pancasila juga mencerminkan semangat kepemimpinan yang kuat. Mereka dilatih untuk menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana, serta mampu memimpin dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

Mereka mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam tim, dan mengambil keputusan yang tepat demi kebaikan bersama.Sebagai penuntun arah, Pelajar Pancasila berperan dalam mempromosikan kesetaraan gender, menghormati hak asasi manusia, dan menjaga persatuan dan kerukunan antarumat beragama.

Mereka adalah pilar keberagaman yang mengedepankan toleransi, saling menghormati, dan menghargai perbedaan.Dalam era perkembangan teknologi informasi, Pelajar Pancasila juga mampu memanfaatkan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab.

Mereka menggunakan media sosial dan teknologi digital sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila, membawa perubahan positif, dan menginspirasi generasi muda lainnya.Dengan segala potensi dan komitmen mereka, Profil Pelajar Pancasila sebagai Penuntun Arah memberikan harapan bagi masa depan bangsa.

Mereka adalah generasi yang siap menghadapi tantangan zaman dan mewujudkan cita-cita bangsa yang adil, demokratis, dan berkeadilan sosial.

Berikut contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Bahasa Indonesia fase E kelas 10:
CP Elemen:
MEMBACA
Peserta didik mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks deskripsi, laporan, narasi, rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli,empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks.
Tujuan PembelajaranPeserta didik mengevaluasi teks cerpen melalui analisis unsur intrinsik dan kesesuaian penggambaran dunia nyata di dalamnya.
Perkiraan Jumlah Jam6 JP
Kata KunciCerpen, unsur intrinsik cerpen, membaca kritis
Topik IntiTEKS SASTRA: CERPEN
Penjelasan SingkatSelain menganalisis unsur intrinsik, peserta didik juga perlu menganalisis jenis teks yang dipakai dalam teks cerpen untuk memahami bahwa genre cerpen terdiri dari genre mikro berupa teks narasi, rekon, deskripsi, eksplanasi, dan eksposisi. Hal ini akan membuat peserta didik memahami konteks penggunaan bagi tiap jenis teks dalam tulisan fiksi.
Profil Pelajar Pancasila● Bernalar kritis, ditunjukkan melalui kegiatan analisis dan interpretasi teks.
● Kreatif, ditunjukkan melalui kegiatan memproduksi karya.
Glosarium● Genre Mikro: Jenis teks yang dapat berdiri sendiri, dapat juga digabungkan menjadi satu kesatuan dalam genre makro.
● Teks Narasi: Teks yang menjelaskan suatu peristiwa dan memiliki urutan waktu.
● Teks Deskripsi: Teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.
● Teks Eksplanasi: Teks yang berisi tentang proses 'mengapa' dan 'bagaimana' fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Teks eksplanasi juga memuat sebab, akibat dan proses dari sebuah fenomena.
● Teks Eksposisi: Teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan, pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi.

Berikut file Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 10 SMA/MA fase E kurikulum merdeka yang bisa diunduh dalam bentuk word/doc di bawah ini:
  1. ATP Fase E Bahasa Indonesia Kelas 10  DOWNLOAD
  2. ATP Fase E Bahasa Inggris Kelas 10  DOWNLOAD
  3. ATP Fase E Biologi Kelas 10  DOWNLOAD
  4. ATP Fase E Ekonomi Kelas 10  DOWNLOAD
  5. ATP Fase E Fisika Kelas 10  DOWNLOAD
  6. ATP Fase E Geografi Kelas 10  DOWNLOAD
  7. ATP Fase E Informatika Kelas 10  DOWNLOAD
  8. ATP Fase E Kimia Kelas 10  DOWNLOAD
  9. ATP Fase E Matematika Kelas 10  DOWNLOAD
  10. ATP Fase E PAI dan Budi Pekerti Kelas 10  DOWNLOAD
  11. ATP Fase E Pendidikan Pancasila Kelas 10  DOWNLOAD
  12. ATP Fase E PJOK Kelas 10  DOWNLOAD
  13. ATP Fase E Sejarah Kelas 10  DOWNLOAD
  14. ATP Fase E Sosiologi Kelas 10  DOWNLOAD
Terima kasih telah membaca artikel ini tentang Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 10 SMA/MA fase E kurikulum merdeka. Semoga informasi yang disajikan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para pembaca. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka juga dapat memperoleh manfaat dari pembahasan ini.

Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya. Terima kasih!