Modul Ajar Kelas 7 SMP Prakarya: Kerajinan Fase D Kurikulum Merdeka

Sahabat Guruku, apa akabar semuanya? Selamat datang di artikel kami yang akan membagikan modul ajar Prakarya: Kerajinan untuk kelas 7 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka. Kami senang bisa berbagi pengetahuan dan inspirasi dengan kamu semua. Dalam modul ini, kami akan memperkenalkan berbagai teknik dan keterampilan dalam membuat kerajinan yang menarik dan kreatif. Apakah kamu siap untuk memulai petualangan kreativitas bersama kami? Mari kita jelajahi dunia Prakarya Kerajinan yang penuh warna dan menarik ini. Silakan lanjutkan membaca!

Modul Ajar Kelas 7 SMP Prakarya: Kerajinan Fase D Kurikulum Merdeka

Prakarya Kerajinan adalah suatu bentuk ekspresi kreatif yang melibatkan penggunaan keterampilan dan keahlian untuk menciptakan barang-barang dengan nilai estetika dan fungsi. Prakarya kerajinan melibatkan berbagai jenis bahan, seperti kertas, kain, kayu, logam, dan sebagainya.

Proses pembuatan prakarya kerajinan melibatkan langkah-langkah seperti perencanaan, pemilihan bahan, dan penggunaan alat-alat khusus. Prakarya kerajinan tidak hanya sekedar membuat barang, tetapi juga melibatkan imajinasi dan kreativitas untuk menghasilkan produk yang unik dan menarik.

Prakarya kerajinan dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan identitas budaya dan meningkatkan keterampilan dan keahlian seseorang. Dalam masyarakat Indonesia, prakarya kerajinan memiliki nilai yang tinggi karena mampu mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya serta warisan nenek moyang.

Tujuan modul ajar Prakarya Kerajinan kelas 7 SMP/MTS fase D adalah untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam membuat kerajinan tangan yang unik dan berguna. Melalui pembelajaran ini, siswa akan belajar tentang berbagai teknik dan bahan dalam membuat kerajinan, seperti anyaman, sulaman, dan pahat.

Mereka juga akan mempelajari bagaimana merancang dan merakit kerajinan dengan keindahan dan kepraktisan yang seimbang. Selain itu, siswa akan diajarkan tentang pentingnya kerjasama dan kerja tim dalam mengerjakan proyek kerajinan.

Dengan demikian, modul ajar Prakarya Kerajinan kelas 7 SMP/MTS fase D ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka dalam dunia kerajinan.

Metode pembelajaran Prakarya Kerajinan kelas 7 adalah pendekatan yang inovatif dan menarik untuk mengembangkan kreativitas siswa. Dalam metode ini, siswa diajak untuk belajar dengan cara praktik langsung dalam membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Mereka diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai teknik dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan.Melalui metode ini, siswa dapat belajar tentang berbagai jenis kerajinan dan teknik dasar yang terlibat dalam pembuatannya.

Mereka juga diajak untuk mengembangkan keterampilan tangan dan kreativitas mereka melalui proses pembuatan kerajinan. Dalam proses ini, siswa akan belajar tentang penggunaan alat-alat dan bahan yang diperlukan, serta mengasah keterampilan mereka dalam mengikuti petunjuk dan menghasilkan kerajinan yang berkualitas.

Metode pembelajaran Prakarya Kerajinan kelas 7 juga melibatkan siswa dalam proses evaluasi dan refleksi terhadap kerajinan yang mereka buat. Mereka diajak untuk memikirkan kelebihan dan kekurangan dari kerajinan mereka, serta mencari cara untuk meningkatkan hasil kerajinan yang telah mereka buat.

Hal ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan evaluasi diri dan meningkatkan kualitas kerajinan yang mereka hasilkan. Dengan metode pembelajaran yang interaktif dan praktis ini, siswa tidak hanya belajar tentang kerajinan, tetapi juga mengembangkan keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka belajar tentang kerja keras, ketekunan, kerjasama, dan kreativitas melalui proses pembuatan kerajinan. Metode ini juga membantu siswa untuk mengasah kemampuan problem-solving dan inovasi, yang merupakan keterampilan yang penting dalam dunia yang terus berkembang ini.

Secara keseluruhan, metode pembelajaran Prakarya Kerajinan kelas 7 adalah pendekatan yang menarik dan efektif untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui praktik langsung, mereka dapat mengembangkan keterampilan tangan, kreativitas, dan pemecahan masalah yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Materi modul ajar Prakarya Kerajinan kelas 7 SMP/MTS fase D memperkenalkan siswa pada beragam keterampilan dan teknik dalam menciptakan kerajinan tangan yang kreatif. Siswa akan belajar tentang berbagai jenis bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan kerajinan, serta cara menggabungkan elemen desain yang menarik.

Dalam pembelajaran ini, mereka akan diberi kesempatan untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka sendiri, serta belajar tentang pentingnya kerja tim dan kerjasama. Materi ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memupuk minat dan bakat siswa dalam seni dan kerajinan.

Pembelajaran Prakarya Kerajinan berorientasi pada pengembangan kemampuan mengeksplorasi bahan, alat, teknik, dan prosedur untuk membuat produk kerajinan kebutuhan sehari-hari dan produk komersial berbasis kewirausahaan. Materi pembelajaran Prakarya Kerajinan dapat menggali potensi daerah/lokal dengan memperhatikan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai upaya pelestarian budaya dan ekosistem dalam mewujudkan benda fungsional yang bernilai estetis, ekonomis, dan ergonomis. Pembelajaran Prakarya Kerajinan diharapkan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dan dihasilkannya siswa yang menguasai teknologi tepat guna melalui sikap analitis, logis, kreatif, inovatif, konstruktif, dan prediktif serta tanggap terhadap lingkungan dan perkembangan zaman.

Berikut file yang bisa didownload yang berbentuk word/doc yang sesuai materi pembelajaran dalam modul ajar Prakarya: Kerajinan kelas 7 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester satu (ganjil):
  • Unit 1 Produk Kerajinan Bahan Alam Lunak (Cari Tahu Bahan Alam Lunak. Desain Produk Kerajinan Bahan Alam Lunak. Membuat Kerajinan Bahan Alam Lunak. Refleksi dan Evaluasi Produk Kerajinan bahan Alam Lunak).  DOWNLOAD
  • Unit 2 Produk Kerajinan Bahan Alam Semikeras/Keras (Gali Lebih Jauh Bahan Alam Semikeras/Keras. Rancangan Produk Kerajinan Bahan Alam Semikeras/Keras. Membuat Kerajinan Artistik dari Bahan Semikeras/Keras. Refleksi dan Evaluasi Produk Kerajinan Bahan Alam Semikeras/Keras).  DOWNLOAD

Sedangkan modul ajar Prakarya: Kerajinan kelas 7 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester dua (genap):
  • Unit 3 Produk Kerajinan Bahan Buatan Lunak (Eksplorasi Bahan Buatan Lunak. Rencana Produk Kerajinan Bahan Buatan Lunak. Produksi Kerajinan Bahan Buatan Lunak. Refleksi dan Evaluasi Kerajinan Bahan Alam Lunak).  DOWNLOAD
  • Unit 4 Produk Kerajinan Bahan Buatan Semikeras/Keras (Observasi Bahan Buatan Semikeras/Keras. Sketsa Rancangan Produk Kerajinan Bahan Buatan SemiKeras/Keras. Produk Kerajinan Bahan Buatan SemiKeras/Keras Inovatif. Refleksi dan evaluasi produk kerajinan bahan buatan semikeras/keras).  DOWNLOAD
Terima kasih telah membaca artikel tentang modul ajar Prakarya Kerajinan untuk kelas 7 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka ini. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi kamu dalam mengembangkan keterampilan seni dan kerajinan.

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, terima kasih!