Media Pembelajaran PowerPoint (PPT) IPA Kelas 8

Sahabat Guruku, kami akan membagikan media pembelajaran powerpoint atau ppt IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 8 SMP/MTS kurikulum merdeka untuk semester ganjil (satu) dan semester genap (dua). 

Media Pembelajaran PowerPoint (PPT) IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Yang diperlukan bagi seorang pendidik adalah media pembelajaran, media pembelajaran sebagai bahan ajar untuk mendukung pendidik untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Bahan ajar ini berbentuk powerpoint atau ppt untuk ditayangkan menggunakan infocus dalam aktivitas pembelajaran.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu seorang pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar yang dimaksud dapat berbentuk bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.

Seorang pendidik dapat menggunakan banyak jenis media pembelajaran. Salah satunya adalah media powerpoint atau biasa disebut PPT. PPT banyak digunakan oleh para pendidik karena lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Peran bahan ajar bagi seorang pendidik adalah untuk meningkatkan proses kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. Pembelajaran lebih efektif karena adanya bahan ajar dan seorang pendidik memiliki banyak waktu untuk mengajari peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan metode yang digunakan lebih interaktif karena pendidik tidak cendrung berceramah saja. 

Sedangkan peran bahan ajar bagi peserta didik ialah supaya peserta didik dapat belajar mandiri dan bisa belajar dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu yang diinginkan serta dapat memilih materi apa yang ingin dipelajari sehingga bisa membantu meningkatkan kompetensi siswa-siswi untuk belajar mandiri.

Bahan ajar dibuat bertujuan untuk menyajikan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan harus sesuai dengan kurikulum. Bahan ajar juga dapat mempermudah peserta didik agar bisa mendapatkan bahan ajar alternatif selain dari sumber belajar dari sekolah. Dan bisa meringankan beban pendidik dalam kegiatan pembelajaran. 

Dengan adanya bahan ajar dapat mempermudah peserta didik dalam menerima materi yang disampaikan oleh pendidik, membuat peserta didik tidak jenuh dalam belajar, membuat pembelajaran lebih menarik, serta meringankan beban pendidik dalam menyampaikan materi.

Berikut file media pembelajaran powerpoint atau ppt IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 8 SMP/MTS kurikulum merdeka yang bisa diunduh:
  • Cahaya (Sifat Cahaya. Cermin. Lensa. Indra Penglihatan. Pembentukan Bayangan pada Mata Serangga. Alat-Alat Optik).  DOWNLOAD
  • Gerak dan Gaya (Gerak pada Makhluk Hidup. Gerak pada Benda. Gaya).  DOWNLOAD
  • Getaran, Gelombang, dan Bunyi (Getaran. Gelombang. Bunyi. Indra Pendengaran Manusia. Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-Hari).  DOWNLOAD
  • Pesawat Sederhana (Usaha dan Pesawat Sederhana).  DOWNLOAD
  • Sistem Ekskresi Manusia (Ginjal. Hati. Kulit. Paru-Paru. Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi).  DOWNLOAD
  • Sistem Gerak pada Manusia (Tulang sebagai Alat Gerak Pasif. Otot sebagai Alat Gerak Aktif. Gangguan pada Sistem Gerak).  DOWNLOAD
  • Sistem Pencernaan pada Manusia (Zat Makanan dan Fungsinya. Struktur Sistem Pencernaan Manusia. Pencernaan secara Mekanis dan Kimiawi. Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Makanan).  DOWNLOAD
  • Sistem Peredaran Darah (Bagian-Bagian Darah. Alat Peredaran Darah. Jenis dan Mekanisme Peredaran Darah. Kelainan dan Gangguan pada Darah dan Sistem Peredaran Darah).  DOWNLOAD
  • Sistem Pernapasan (Organ Pernapasan Manusia. Mekanisme Pernapasan. Gangguan Sistem Pernapasan).  DOWNLOAD
  • Struktur Tumbuhan (Jaringan Tumbuhan. Organ pada Tumbuhan. Pemanfaatan Struktur Tumbuhan dalam Teknologi).  DOWNLOAD
  • Tekanan Zat (Tekanan pada Zat Padat. Tekanan pada Zat Cair. Tekanan pada Udara. Tekanan Darah Manusia).  DOWNLOAD
  • Zat Aditif dan Zat Adiktif (Zat Aditif. Zat Adiktif dan Psikotropika. Mencegah Penyalahgunaan Bahan Adiktif dan Psikotropika).  DOWNLOAD
Sekian pembahasan media pembelajaran powerpoint atau ppt IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 8 SMP/MTS kurikulum merdeka, semoga media pembelajaran IPA sangat berguna dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini.