RANGKUMAN MATERI IPS TEMA 9 KELAS 5 SD/MI

Halo, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel kami yang akan membahas rangkuman materi IPS tema 9 benda-benda di sekitar kita untuk kelas 5 SD/MI. Kami sangat senang bisa berbagi pengetahuan dengan kamu semua. Tema ini akan membawa kita menjelajahi dunia yang luas dan menarik dari ilmu pengetahuan sosial. Yuk, mari kita mulai petualangan ini bersama-sama! Jangan khawatir, kami akan memberikan ringkasan yang menarik dan mudah dipahami. Jadi, silakan lanjutkan membaca.

Inilah rangkuman materi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas 5 SD/MI tentang letak astronomis, kenampakan alam di Indonesia, jenis usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola perseorangan dan kelompok, pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat, dan cara menghargai usaha ekonomi orang lain.

RANGKUMAN MATERI IPS TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KELAS 5 SD/MI

LETAK ASTRONOMIS SUATU DAERAH

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Secara geografis letak Indonesia berada di antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia. Secara astronomis, letak Indonesia berada pada : 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.Letak astronomis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Rangkuman materi IPS tema 9 benda-benda di sekitar kita 5 sd/mi. letak astronomis, kegiatan ekonomi, kenampakan alam, produksi, distribusi, konsumsi.
  • Garis lintang adalah garis khayal yang membentang secara horizontal atau memanjang ke samping.
  • Garis bujur adalah garis khayal yang membentang secara vertikal atau lurus dari atas ke bawah.
  • Garis khatulistiwa adalah garis yang berada tepat di tengah-tengah dan membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan bumi selatan.
  • Garis lintang yang berada di atas garis khatulistiwa disebut garis lintang utara (LU) sedangkan di bawahnya disebut garis lintang selatan (LS).
  • Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT)

KENAMPAKAN ALAM DI INDONESIA

Rangkuman materi IPS tema 9 benda-benda di sekitar kita 5 sd/mi. letak astronomis, kegiatan ekonomi, kenampakan alam, produksi, distribusi, konsumsi.
Kenampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Kenampakan alam terdiri atas dua bagian, yaitu kenampakan alam berupa perairan dan kenampakan alam yang berupa daratan. 

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk kenampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. 

Perairan adalah bagian dari permukaan bumi yang digenangi air. Bentuk kenampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Contoh pemanfaatan kenampakan alam untuk berbagai kepentingan manusia.
  • Pantai dimanfaatkan untuk tambak garam dan budi daya perikanan
  • Dataran tinggi banyak dimanfaatkan untuk kawasan pertanian
  • Aliran sungai dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik
  • Penambang belerang memanfaatkan lembah gunung Ijen, Jawa Timur

JENIS USAHA DALAM KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA

1. Pertanian
Kegiatan pertanian merupakan usaha yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan kondisi alam lahan pertanian Indonesia. Produk pertanian Indonesia antara lain jagung, ubi jalar, padi, dan tanaman palawija.

2. Perkebunan
Perkebunan banyak dilakukan di dataran tinggi. Contoh hasil perkebunan antara lain karet, teh, kelapa, pala, kelapa sawit, dan tebu.

3. Peternakan
Peternakan adalah kegiatan pemeliharaan hewan peliharaan untuk keuntungan mereka. Peternakan dapat digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu ternak besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, bebek, entok, dan burung).

4. Perikanan
Kegiatan perikanan dalam hal ini adalah penangkapan ikan di darat, yaitu. beternak ikan di air tanah dengan membuat kolam. Penangkapan ikan di darat meliputi penangkapan ikan air tawar dan penangkapan ikan air asin. Produk ikan air tawar antara lain ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air tawar seperti bandeng.

5. Perhutanan
Indonesia memiliki hutan yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. Contoh hasil hutan antara lain kayu pinus, jati, rotan, kemenyan, dan damar. Hutan juga penting untuk menjaga keseimbangan alam. Pepohonan yang tumbuh di hutan membantu penyerapan air ke dalam tanah.

6. Pertambangan
Pertambangan merupakan upaya untuk memurnikan atau menggunakan mineral untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, batu kapur, aluminium, timah dan batu bara.

7. Perindustrian
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam. Tujuan industri adalah untuk meningkatkan kualitas atau nilai suatu produk. Contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, dan karet menjadi ban.

8. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil dari pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan internasional yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor.

9. Jasa
Usaha jasa adalah usaha menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Jasa tidak memiliki bentuk seperti benda, namun dapat dirasakan manfaatnya. Pekerjaan menjadi pemandu wisata merupakan bagian dari usaha jasa. Usaha-usaha dalam bidang jasa antara lain usaha becak, ojek, angkutan umum, dokter jasa kesehatan dan bidang pariwisata.

JENIS-JENIS USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA PERSEORANGAN

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perseorangan biasanya modalnya terbatas.
a. Pertanian
Usaha pertanian sebagian besar dijalankan hanya oleh petani dengan modal terbatas. Meskipun demikian, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Tetapi, hanya beberapa petani saja yang bisa melakukannya.

b. Industri kecil
Industri kecil biasanya berupa industri rumah tangga. Industri kecil biasanya dikelola secara perseorangan. Contoh industri kecil adalah kerajinan tangan (mebel meja, kursi dan lemari), keramik, kerajinan tekstil dan keramik.

c. Perdagangan
Usaha perdagangan yang dikelola secara perseorangan biasanya perdagangan dalam jumlah kecil sampai menengah. contohnya usaha membuka toko kecil penjaja keliling, pedagang kaki lima, pedagang di lapak-lapak pasar, dan pedagang hasil bumi.

d. Jasa
Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan. Contoh usaha jasa yang dijalankan oleh perorangan adalah salon, bengkel, kafe, penata rambut, dan terapis pijat.

JENIS-JENIS USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA KELOMPOK

Usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok adalah usaha yang dijalankan secara bersama-sama, baik dalam hal modal, pengelolaan, maupun dalam hal bagi hasil.

a. Firma
Firma adalah perusahaan yang didirikan oleh sedikitnya dua orang. Biasanya pendiri firma adalah orang-orang yang sudah saling kenal. Setiap anggota firma mempunyai berhak untuk melakukan atas nama firma. Risiko tindakan anggota firma ditanggung bersama.

b. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)
CV adalah perusahaan yang didirikan oleh satu orang pengusaha atau lebih. Modal CV berasal dari pengusaha dan beberapa investor. Pengusaha menjadi kepala usaha dan bertanggung jawab atas kelangsungan usahanya.

c. PT (Perseroan Terbatas)
PT (Perseroan Terbatas) adalah perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Saham adalah surat berharga yang membuktikan penyertaan dalam penanaman modal perusahaan.

d. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah suatu badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ada tiga jenis, yaitu Perusahaan Buruh (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).

e. BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)
Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Tujuan didirikannya perusahaan daerah antara lain adalah percepatan pembangunan perekonomian daerah dan pembangunan perekonomian nasional.

PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan seseorang, perusahaan atau masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa atau mengkonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seseorang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya berupa sandang, pangan, dan papan. Dalam sebuah kegiatan ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya apabila ia melakukan kegiatan ekonomi lain yaitu bekerja.

1. Produksi
Produksi merupakan suatu kegiatan yang meningkatkan kegunaan (utilitas) suatu benda. Manufaktur juga berarti menciptakan benda-benda baru agar lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan. Secara umum tujuan kegiatan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia guna mencapai kesejahteraan. Tujuan khusus kegiatan produksi adalah menghasilkan barang dan jasa, memperoleh keuntungan, dan sarana untuk memenuhi kebutuhan.

2. Distribusi
Distribusi adalah pemasaran atau penyerahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan pemasaran adalah untuk mengangkut barang atau jasa dari produsen ke pengguna. Distributor dapat memperoleh gaji atau keuntungan dengan mendistribusikan barangnya.

3. Konsumsi
Konsumsi adalah habisnya atau berkurangnya suatu komoditas secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan guna mempertahankan kelestariannya. Tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Fungsi konsumsi juga untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan memenuhi segala kebutuhan.

Produksi, distribusi dan konsumsi sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan perekonomian suatu negara, maka semakin lancar pula pergerakan uang, barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan pun meningkat. Agar kegiatan perekonomian di suatu negara dapat berjalan dengan baik, diperlukan kondisi yang fleksibel dan tata kelola yang stabil. Pemerintahan yang stabil dapat tercapai apabila bangsa senantiasa menjaga rasa persatuan dan kesatuan.

CARA MENGHARGAI USAHA EKONOMI ORANG LAIN

  • Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
  • Menghormati orang yang sedang bekerja.
  • Menghargai pekerjaan orang lain.
  • Membiasakan membeli produk-produk lokal.
  • Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
  • Membayar sesuai dengan jumlah dan waktu pembayaran yang telah disepakati.
  • Melakukan persaingan usaha secara sehat dan jujur.

Akhir Kata
Dengan demikian, itulah rangkuman materi IPS tema 9 untuk kelas 5. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian agar mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, dan jangan lupa untuk selalu berbagi pengetahuan. Terima kasih!