RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA TEMA 9 KELAS 5 SDMI

Halo teman-teman! Apa kabar semuanya? Selamat datang di rangkuman materi Bahasa Indonesia tema 9 benda-benda di sekitar kita untuk kelas 5 SD/MI. Pada tema ini, kita akan mempelajari berbagai hal menarik tentang iklan media cetak dan iklan media elektronik. Mulai dari unsur-unsur iklan, bahasa iklan, macam-macam bentuk iklan, perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik, dan sebagainya . Yuk, mari kita eksplorasi bersama-sama! Jangan lewatkan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan Bahasa Indonesia kalian. Silahkan lanjutkan membaca.

Inilah rangkuman materi bahasa indonesia tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas 5 SD/MI tentang iklan media cetak dan iklan media elektronik.

RANGKUMAN MATERI BAHASA INDONESIA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KELAS 5 SDMI

Iklan adalah pesan atau informasi tentang suatu barang atau jasa yang dibuat untuk menarik perhatian serta membujuk masyarakat yang melihatnya agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya terdapat di media cetak seperti surat kabar atau majalah. Iklan juga disiarkan di media elektronik seperti televisi, radio, dan internet. Iklan dapat dibuat oleh perseorangan atau perusahaan. Bahasa yang digunakan pada iklan sederhana dan mudah dipahami pembaca.

IKLAN MEDIA CETAK

Unsur-unsur Iklan Media Cetak

  • Nama Produk
Nama produk sangat penting untuk dituliskan karena dapat mempermudah masyarakat yang ingin membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan dalam iklan.
  • Gambar Produk
Adanya gambar yang unik dan kreatif dalam iklan dapat lebih menarik perhatian masyarakat agar mau menggunakan produk yang ditawarkan.
  • Kalimat atau Slogan Iklan
Kalimat-kalimat yang digunakan dalam iklan adalah singkat, unik dan kreatif agar dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh masyarakat.
  • Keunggulan Produk
Iklan biasanya menyajikan keunggulan atau keuntungan yang diperoleh, jika menggunakan produk yang ditawarkan, agar meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produknya.
  • Harga Produk
Harga menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk menggunakan produk. Karena itu iklan meyakinkan masyarakat bahwa produk yang ditawarkan memiliki harga yang lebih terjangkau.
  • Kontak yang dapat dihubungi
Kontak iklan berfungsi untuk memberi tahu kepada para peminat iklan cara untuk memperoleh produknya, alamat informasi kontak iklan, nama toko atau nomor telepon.

Bahasa Iklan Media Cetak

Kalimat iklan di media cetak haruslah dapat menarik perhatian para pembaca sehingga mereka mau menggunakan produk yang ditawarkannya. Selain kalimat, bahasa iklan juga memiliki ciri khas lain, sebagai berikut.
  1. Menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas
  2. Menggunakan bahasa yang dapat memikat hati pembaca
  3. Menggunakan kata-kata konotasi yang bermakna positif
  4. Menggunakan bahasa yang obyektif, jujur, dan menarik.

Jenis-Jenis Bentuk Iklan Media Cetak

  • Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan berukuran kecil (pendek) yang hanya memuat beberapa baris penawaran/informasi tentang suatu hal. Iklan baris disebut juga iklan mini. Ciri-ciri iklan baris yaitu:
  1. Ditampilkan pada halaman koran khusus iklan dengan kolom-kolom yang dikelompokkan berdasarkan jenis barang yang diiklankan
  2. Tidak berwarna, sebagian disisipi gambar kecil barang yang diiklankan.
  3. Ditulis secara singkat terdiri 2-4 baris, hanya memuat informasi penting saja, seringkali disingkat untuk menghemat tempat dan biaya iklan.
  4. Disisipkan nomor telepon pengiklan yang dapat dihubungi.
  • Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar. Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.

Jenis-Jenis Iklan Media Cetak Berdasarkan Isinya

  • Iklan Pengumuman atau Pemberitahuan
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.
  • Iklan Penawaran (Niaga)
Iklan penawaran dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas agar mau menggunakan atau membelinya. Misalnya iklan barang
  • Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh pemerintah ataupun organisasi pemerintah. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.
Iklan juga dapat berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu. Iklan ini biasanya dibuat oleh pemerintah untuk mengajak atau mengimbau masyarakat agar mau melakukan suatu kegiatan atau program bersama.

Iklan Media Elektronik

  • Iklan Radio
Gunakan bahasa yang obyektif, jujur ​​dan menarik. Berbagai jenis iklan cetak Iklan Baris Iklan baris adalah Iklan radio disajikan hanya melalui media audio. Suara yang dimainkan dapat berupa suara (suara/kata-kata manusia normal), musik (gabungan suara normal dengan ritme dan harmoni tertentu), dan efek suara (suara tidak beraturan atau efek suara alami).
  • Iklan Televisi
Iklan televisi sangat menarik karena merupakan perpaduan antara suara, gambar dan gerakan. Iklan televisi mempunyai ciri-ciri dilihat dan didengar. Iklan di televisi biasanya unik, menarik dan mudah diingat kalimatnya. Iklan di televisi biasanya dibuat oeh rumah produksi.
Rumah produksi mengajukan konsep rancangan iklan kepada pengiklan berupa naskah, bentuk skrip, dan sketsa gambar berurutan sesuai naskah. Setelah itu rumah produksi membuat iklan dengan menentukan pemeran iklan, lagu dan musik latar, serta efek suara.
  • Iklan Internet
Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Yang menggunakan alat elektronik seperti komputer, laptop atau ponsel pintar. Bentuk iklannya ada yang berupa gambar saja, atau berupa gambar dan suara. Salah satu iklan di internet dalam bentuk gambar berupa banner, yaitu papan iklan mini di halaman situs web.

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Media Elektronik


Pembuat iklan harus berusaha menggunakan berbagai kata serta kalimat yang dapat menarik perhatian masyarakat. Tujuannya agar masyarakat bersedia menggunakan produk/jasa yang mereka tawarkan. Oleh sebab itu pembuat iklan harus mengetahui ciri bahasa iklan yang dapat menarik perhatian, seperti:
  1. Kata-kata yang digunakan singkat, menarik, logis, dan sopan
  2. Kata-katanya dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat
  3. Dapat menonjolkan informasi yang dipentingkan dalam iklan
  4. Dapat menunjukkan sasaran iklan

Isi Iklan Media Elektronik

  • Iklan politik, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik
  • Iklan pendidikan berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Iklan ini merupakan iklan pendidikan berbasis konten.
  • Iklan shampo ditayangkan di televisi. Kamu tentu sering melihat iklan shampo. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan shampo. Pada gambar iklan tersebut, dengan menggunakan shampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan shampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.
  • Iklan kesehatan berisi tentang kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan masyarakat sehat. Dan iklan tersebut termasuk jenis iklan layanan masyarakat di bidang kesehatan.

Unsur-Unsur Iklan Media Elektronik


1. Unsur-unsur iklan televisi
  • Suara. Suara dalam iklan TV dapat berupa suara manusia, suara hewan/tumbuhan, musik atau sekedar efek suara.
  • Gambar. Gambar bisa berupa produk yang ditawarkan atau orang yang menggunakan produk tersebut.
  • Gerak. Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
  • Tulisan. Teks singkat dan mudah dilihat untuk menjelaskan produk.
2. Unsur-unsur iklan radio
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur yaitu suara. Suara-suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia normal, musik dan efek suara (suara tidak beraturan atau efek suara alam).

3. Unsur-unsur iklan internet
  • Suara. Iklan di Internet dapat berupa video dengan unsur audio.
  • Gambar. Gambar bisa berupa produk yang ditawarkan atau orang yang menggunakan produk tersebut.
  • Tulisan. Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

Jenis-jenis Iklan Media Elektronik Berdasarkan Isinya

  • Iklan Komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.
  • Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang menonjolkan citra perusahaan. Iklan perusahaan biasanya dirancang dengan tujuan tertentu yang akan menguntungkan perusahaan di masa depan. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.
  • Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya diproduksi oleh lembaga pemerintah.

Kelebihan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan Media Cetak
  • Lebih rinci dalam penyampaian informasi
  • Lebih mudah disimpan oleh pembaca
  • Pembaca mempunyai banyak waktu untuk mencerna maksud dari iklan

Iklan Internet
  • Akses yang sangat luas karena dapat dilihat oleh pembaca dari dalam maupun luar negeri
  • Target pembaca lebih spesifik

Iklan Radio
Radio memiliki efektivitas dalam menyela perhatian pendengar dan menciptakan minat akan suatu informasi

Iklan Televisi
  • Penonton dapat melihat dan mendengarkan produk/jasa yang didemonstrasikan dan juga membayangkan bahwa diri mereka yang memakai produk tersebut
  • Televisi memungkinkan untuk menjangkau banyak orang pada tingkat nasional atau regional dalam waktu singkat.

Kekurangan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan Media Cetak
Majalah, tabloid atau surat kabar biasanya hanya dibaca sekali kemudian ditinggalkan atau dibuang.

Iklan Internet
Hanya bisa diakses oleh konsumen yang menggunakan internet

Iklan Radio
  • Radio tidak dapat melihatkan produk yang diiklankan
  • Radio menyiarkan hanya sekelabat dan sekali dengar

Iklan Televisi
  • Televisi menyiarkan hanya sekelabat dan sekali dengar.
  • Relatif lebih mahal dalam hal biaya produksi dibandingkan pembuatan iklan media cetak, internet, ataupun iklan radio.

Akhir Kata
Dalam rangkuman ini, kita telah menjelajahi tema 9 benda-benda di sekitar kita Bahasa Indonesia untuk kelas 5. Kita telah belajar tentang unsur-unsur iklan, bahasa iklan, macam-macam bentuk iklan, perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik, dan sebagainya. Semoga materi yang telah kita pelajari dapat membantu kalian menjadi lebih kreatif dan berbakat.

Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman kalian agar mereka juga dapat memperoleh manfaatnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Selamat belajar!