RANGKUMAN MATERI IPA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KELAS 5 SD/MI

Halo, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel ringkas ini yang akan membahas rangkuman materi IPA tema 9 benda-benda di sekitar kita untuk kelas 5 SD/MI. Mari kita mulai petualangan ilmiah kita bersama! Pada tema ini, kita akan menjelajahi dunia zat tunggal dan zat campuran, serta membandingkan zat tunggal dan zat campuran yang ada di lingkungan sekitar. Teruslah membaca untuk menemukan dunia yang menakjubkan ini!

Inilah rangkuman materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas 5 SD/MI tentang zat tunggal dan zat campuran.

RANGKUMAN MATERI IPA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KELAS 5 SD/MI

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa.

Zat Tunggal

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas zat-zat dengan sifat yang sama atau materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah emas 24 karat, garam, gula, dan air. 
Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
  1. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua macam unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh unsur logam yaitu besi, emas, platina, serta perak. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain seperti oksigen, hidrogen, karbon, serta nitrogen.
  2. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

Zat Campuran

Zat Campuran adalah zat yang terdiri dari gabungan dari dua atau lebih zat tunggal yang berbeda. Campuran bisa dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.
  • Campuran Homogen
Campuran homogen yaitu campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna atau merata. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, dan perunggu
  • Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna/merata. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih bisa dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, cat, air dengan tepung, obat batuk , dan air dengan pasir

RANGKUMAN MATERI IPA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA KELAS 5 SD/MI
Zat Tunggal dan Zat Campuran

Membandingkan Zat Tunggal dan Campuran

Air mineral merupakan materi berbentuk cairan. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa senyawa. Air mineral tidak memiliki rasa dan bau. Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan 8 liter air mineral dalam satu hari satu malam. Air mineral “AQUADA” membantu kita mencukupi kebutuhan tubuh akan 8 liter air.

Minuman ringan manis sama dengan air mineral. Minuman ringan manis merupakan materi yang berbentuk cairan. Akan tetapi, minuman ringan yang dimaniskan bukanlah zat tunggal, minuman ringan manis termasuk zat campuran homogen.

Secangkir kopi adalah materi yang berbentuk cairan dan merupakan zat campuran. Akan tetapi, secangkir kopi tumbuk bukanlah zat campuran homogen seperti minuman ringan manis, melainkan termasuk zat campuran heterogen.

Membedakan Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Adonan bakwan yang terdiri atas tepung terigu dan sayuran tidak tercampur secara merata. Materi dalam adonan sifat dan bentuknya masih kelihatan. Berdasarkan ciri adonan tersebut, dapat kamu ketahui bahwa adonan bakwan yang siap digoreng merupakan zat campuran heterogen.

Segelas teh manis pada gambar merupakan perpaduan tiga materi yaitu air, teh, dan gula putih. Campuran air, gula, dan teh dalam gelas tampak tercampur rata atau sempurna. Bahannya (air, teh, dan gula putih) tidak berbeda satu sama lain. Dari ciri-ciri teh manis dapat dikatakan bahwa teh manis merupakan zat campuran yang homogen.

Segelas kopi pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan bubuk kopi. Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Rupanya ada bubuk kopi di dasar gelas yang tidak larut sempurna dengan air dan gula. Berdasarkan ciri-ciri campuran kopinya, kita dapat memahami bahwa air kopi merupakan zat campuran yang heterogen.

Komponen Penyusun Campuran

Komponen campuran dapat berupa :
  • Zat padat dengan zat padat, misalnya gula pasir dengan kopi
  • Zat padat dengan zat cair, misalnya gula pasir dengan air
  • Zat padat dengan gas, misalnya debu di udara
  • Zat cair dengan zat cair, misalnya alkohol dengan air
  • Zat cair dengan gas, misalnya air di udara saat hujan
  • Gas dengan gas, misalnya udara yang merupakan campuran dari bermacam-macam gas.
Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
  • Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  • Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  • Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  • Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.
Akhir Kata
Sampai di sini artikel tentang rangkuman materi IPA tema 9 benda-benda di sekitar kita untuk kelas 5 SD/MI telah selesai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dalam memahami konsep-konsep penting dalam ilmu pengetahuan alam. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman Kamu agar mereka juga dapat memperoleh pengetahuan yang sama.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai bertemu kembali di artikel menarik lainnya. Selamat belajar dan semoga sukses selalu!