Modul Ajar Kelas 8 SMP Seni Tari Fase D Kurikulum Merdeka

Sahabat Guruku, Halo, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel ini yang akan membagikan modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester ganjil (satu) dan semester genap (dua). Kami sangat senang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman menarik seputar seni tari dengan kalian semua. Seni tari adalah salah satu bentuk ekspresi dan keindahan yang tak terbatas. Melalui modul ini, kalian akan diajak untuk mengeksplorasi dunia tari, mengenal gerakan-gerakan yang memukau, serta memperluas wawasan tentang kekayaan budaya Indonesia. Jadi, ayo kita mulai petualangan kita dalam dunia seni tari ini! Mari kita terus membaca.

Modul Ajar Kelas 8 SMP Seni Tari Fase D Kurikulum Merdeka

Gerak tari tradisional merupakan salah satu aspek penting dalam modul ajar Seni Tari untuk kelas 8 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka. Dalam modul ini, terdapat banyak keunikan yang dapat ditemukan dalam gerak tari tradisional. Keunikan tersebut meliputi unsur utama gerak tari dan pendukung gerak tradisi.

Modul ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang seni tari dan mengajarkan siswa tentang berbagai gerak tari tradisional yang ada di Indonesia. Gerak Tari Tradisional memiliki keunikan tersendiri.

Setiap gerak tari tradisional memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa gerak tari tradisional memiliki gerakan yang lincah dan energik, sementara yang lain memiliki gerakan yang lemah gemulai. Gerak tari tradisional juga sering kali menggambarkan cerita atau mitos yang ada di masyarakat setempat. Unsur utama gerak tari tradisional meliputi gerakan tubuh, tangan, kaki, dan ekspresi wajah. 

Gerakan tubuh biasanya diatur dengan pola yang khas dan terkadang membutuhkan kekuatan fisik yang tinggi. Gerakan tangan dan kaki memiliki peran penting dalam mengungkapkan emosi dan cerita yang ingin disampaikan. Sedangkan, ekspresi wajah memberikan nuansa yang lebih dalam dalam menyampaikan pesan tari.

Pendukung gerak tradisi juga memiliki peran yang tidak kalah penting. Musik dan kostum merupakan dua elemen penting dalam mendukung gerak tari tradisional. Musik memberikan ritme dan suasana yang tepat untuk gerak tari, sementara kostum memberikan identitas dan keindahan pada penampilan para penari.

Modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D memberikan pemahaman yang mendalam tentang keunikan gerak tari tradisional. Dengan mempelajari modul ini, siswa akan dapat menghargai dan memahami kekayaan budaya Indonesia dalam bidang seni tari.

Selain itu, siswa juga akan dapat mengembangkan keterampilan dalam menari dan mengungkapkan emosi melalui gerakan tubuh. Dengan demikian, modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS adalah sebuah sumber pengetahuan yang berharga bagi para siswa dalam mempelajari gerak tari tradisional.

Modul ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang unsur utama gerak tari dan pendukung gerak tradisi. Melalui pemahaman ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam seni tari dan menghargai keunikan gerak tari tradisional Indonesia.

Dalam modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS kita akan mempelajari tentang jenis bentuk penyajian tari tradisi. Tari tradisi adalah warisan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. Tari tradisi memiliki beragam bentuk penyajian, seperti tari tunggal, tari kelompok, dan tari massal.

Setiap bentuk penyajian memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri. Tari tunggal, misalnya, merupakan tari yang ditampilkan oleh seorang penari tunggal. Penari ini menggambarkan cerita atau perasaan melalui gerakan-gerakan tubuhnya yang indah dan berirama.

Tari kelompok, di sisi lain, melibatkan beberapa penari yang bergerak secara bersamaan dalam formasi tertentu. Mereka saling berinteraksi dan menciptakan harmoni gerakan. Sedangkan tari massal melibatkan banyak penari yang membentuk formasi besar dan melakukan gerakan yang seragam.
Bentuk penyajian ini biasanya digunakan untuk merayakan acara-acara besar atau peristiwa penting. 

Dalam modul ini, kita akan belajar lebih dalam tentang masing-masing jenis bentuk penyajian tari tradisi ini dan merasakan keindahan serta kekayaan budaya yang terkandung di dalamnya.

Modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D menggali kekayaan budaya melalui gerak, kostum, dan musik. Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu terhadap keberagaman seni tradisional.

Modul ini memperkenalkan tari-tarian klasik dan modern, serta teknik-teknik dasar dalam penyajian tari. Dengan pendekatan yang menyenangkan, siswa diharapkan mampu menciptakan karya seni yang orisinal dan menghargai warisan budaya leluhur. Dalam prosesnya, mereka akan belajar menghormati dan melestarikan kekayaan seni tradisi Indonesia.

Pembelajaran Seni Tari berbasis pada kecerdasan kinestetik dengan memperhatikan norma yang erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Melalui seni tari, siswa dapat meningkatkan kreativitas dan apresiasi dalam berkarya seni dan dapat memaknai fenomena kehidupan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pembelajaran seni tari, dibutuhkan pendekatan berupa elemen-elemen yang saling berkaitan, yaitu mengalami, mencipta, dan refleksi yang bermuara pada berpikir dan bekerja artistik, sehingga berdampak bagi dirinya dan orang lain.

Berikut file yang bisa diunduh yang berbentuk word/doc yang sesuai materi pembelajaran dalam modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester satu (ganjil):
  • Unit Pembelajaran 1 Nilai dan Jenis Tari Tradisi.  DOWNLOAD 
  • Unit Pembelajaran 2 Eksplorasi Gerak Tari Tradisi Berdasarkan Nilai dan Jenis.  DOWNLOAD

Sedangkan modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester dua (genap):
  • Unit Pembelajaran 3 Menyusun Karya Tari Kreasi.  DOWNLOAD
  • Unit Pembelajaran 4 Apresiasi Karya Tari.  DOWNLOAD
Dalam modul ajar Seni Tari untuk kelas 8, terdapat penggalian latar belakang mengenai tari tradisi yang menarik perhatian. Para siswa diajak untuk menelusuri jejak sejarah dan makna yang terkandung dalam setiap gerak tarian tradisional.

Melalui pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat memahami kekayaan budaya dan warisan nenek moyang yang terus dilestarikan. Dengan mempelajari tari tradisi, siswa juga dapat mengapresiasi keanekaragaman seni di Indonesia serta memperkaya pengetahuan mereka tentang kehidupan sosial dan budaya masyarakat Indonesia.

Modul ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kreativitas mereka melalui karya tarian yang menggambarkan cerita dan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penggalian latar belakang tari tradisi dalam modul ajar Seni Tari kelas 8 ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam serta meningkatkan apresiasi siswa terhadap seni tari Indonesia.

Sekarang, dengan adanya modul ajar Seni Tari kelas 8 SMP/MTS fase D kurikulum merdeka untuk semester ganjil (satu) dan semester genap (dua) ini, kita memiliki panduan yang jelas dalam mempelajari dan mengapresiasi seni tari. Melalui modul ini, kita dapat mengeksplorasi berbagai gerakan tari, memahami latar belakang budaya yang melatarbelakangi, dan merasakan keindahan yang terpancar dari setiap langkah.

Semoga modul ini dapat menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan yang berharga bagi para siswa dan guru seni tari. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-temanmu.