Modul Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 SD Fase A Kurikulum Merdeka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Apa kabar Sahabat Guruku? Selamat datang di artikel ini yang akan membagikan modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja dan selalu diberikan kesehatan serta kebahagiaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia pendidikan agama Islam dan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan kepada siswa-siswa kelas 1. Jadi, mari kita mulai perjalanan kita menuju pengetahuan dan kepribadian yang baik. Ayo, lanjutkan membaca!

Modul Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 SD Fase A Kurikulum Merdeka

Modul ajar PAI dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka memberikan pengetahuan tentang ajaran agama Islam dan nilai-nilai moral kepada siswa. Modul ini membantu mengembangkan pemahaman yang baik tentang agama dan budi pekerti pada tahap awal pendidikan.

Kompetensi awal dalam modul ajar PAI dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka menawarkan pengenalan yang menyegarkan kepada siswa. Dalam pembelajaran ini, siswa akan mempelajari nilai-nilai moral yang mendasar, seperti kesopanan, kejujuran, dan rasa peduli terhadap sesama.

Mereka juga akan belajar tentang pentingnya berbagi, menghormati orang lain, dan menjaga lingkungan. Dengan pendekatan yang interaktif dan kreatif, siswa akan diajak untuk berpartisipasi aktif dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai tersebut.

Model pembelajaran dalam modul ajar PAI dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka adalah pendekatan yang kreatif dan inovatif untuk mengajar nilai-nilai agama dan budi pekerti kepada siswa. Dalam model ini, siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode interaktif, seperti permainan, cerita, dan diskusi kelompok.

Modul ajar yang disusun dengan baik membantu siswa memahami konsep-konsep agama dan budi pekerti secara menyeluruh. Selain itu, model ini juga mendorong siswa untuk mengembangkan sikap positif dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan Model Pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.

Profil Pelajar Pancasila dalam modul ajar PAI dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka merupakan bagian integral dari pembelajaran karakter di sekolah. Mereka belajar untuk menghormati perbedaan, bertanggung jawab, dan berempati terhadap sesama.

Dalam modul PAI, mereka memperoleh pemahaman mendalam tentang ajaran agama dan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Mereka diajak untuk menjadi individu yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan.

Sementara itu, melalui Budi Pekerti, mereka belajar tentang pentingnya memiliki sikap jujur, disiplin, dan kerja keras. Mereka juga diajarkan untuk menghargai lingkungan dan menjaga kebersihan. Dengan demikian, pelajar Pancasila kelas 1 Fase A tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga membentuk karakter yang kuat dan berintegritas tinggi untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Modul Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 SD Fase A Kurikulum Merdeka

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bertujuan untuk membentuk siswa agar menjadi pribadi yang memahami dengan baik prinsip-prinsip agama Islam terkait akhlak mulia, akidah yang benar berdasarkan paham ahlus sunnah wal jamaah, syariat, dan perkembangan sejarah peradaban Islam, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik yang berhubungan dengan sang pencipta, diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia, maupun lingkungan alamnya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut file yang bisa didownload yang berbentuk doc/word yang sesuai materi pembelajaran dalam modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A untuk semester satu (ganjil) antara lain :

  • Bab 1 Tema Aku Cinta Al-Qur’an (Materi Pokok  Al-Qur'an Kitabku).  DOWNLOAD
  • Bab 2 Tema Mengenal Rukun Iman (Materi Pokok Pengertian Rukun Iman, Beriman Kepada Rasul, dan Aku Cinta Allah dan Rasul-Nya).  DOWNLOAD
  • Bab 3 Tema Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah (Materi Pokok Membaca Basmalah, Membaca Hamdalah, Bersikap Santun, dan Mensyukuri Nikmat Allah Swt).  DOWNLOAD
  • Bab 4 Tema Mengenal Rukun Islam (Materi Pokok Mengerti Rukun Islam, Mengenal Dua Kalimat Syahadat Beriman, Mengartikan Dua Kalimat Syahadat,  dan Aku Anak Muslim).  DOWNLOAD
  • Bab 5 Tema Nabi dan Rasul Panutanku (Materi Pokok Mengenal Nabi dan Rasul, 25 Nabi dan Rasul, Mukjizat Nabi dan Rasul, Perilaku dan Sederhana Nabi dan Rasul).  DOWNLOAD

Sedangkan materi modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A untuk semester dua (genap) antara lain : 

  • Bab 6 Tema Al-Qur’an Pedoman Hidupku (Materi Pokok Mengenal Harakat, Membaca Huruf Hijaiah, Membaca Surah Al-Ikhlas, dan Pesan Pokok Surah Al-Ikhlas).  DOWNLOAD
  • Bab 7 Tema Kasih Sayang terhadap Sesama (Materi Pokok Mengenal Asmaulhusna, Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Kasih Sayang Nabi Muhammad saw).  DOWNLOAD
  • Bab 8 Tema Aku Suka Berterima Kasih dan Bersikap Disiplin (Materi Pokok Berterima Kasih kepada Sesama, Cara Berterima Kasih, Berperilaku Disiplin, dan Cara Berperilaku Disiplin).  DOWNLOAD
  • Bab 9 Tema Hidup Bersih Menjadi Kebiasaanku (Materi Pokok Hidup Bersih, Bersuci, Berwudhu, dan Bertayamum).  DOWNLOAD
  • Bab 10 Tema Nabi Adam a.s Manusia Pertama (Materi Pokok Allah Swt Menciptakan Nabi Adam a.s, Nabi Adam a.s dan Hawa Tinggal di Surga, Nabi Adam a.s dan Hawa Diturunkan ke Bumi, dan Keteladanan Nabi Adam a.s).  DOWNLOAD
Terima kasih telah membaca artikel tentang modul ajar PAI dan Budi Pekerti kelas 1 SD fase A kurikulum merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu dalam meningkatkan pemahaman akan pendidikan agama Islam dan budi pekerti.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Kamu agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.