Rangkuman Materi SBdP Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas 5

Halo, Apa kabar semuanya? Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang tema 6 panas dan perpindahnnya dari mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya). Tema ini khusus untuk kelas 5 SD/MI. Bagi kalian yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak, yuk teruskan membaca! Di sini kita akan menjelajahi topik menarik yang pastinya akan membuat kalian semakin tertarik dan terinspirasi. Jadi, mari kita mulai perjalanan kita dalam dunia SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) dan temukan apa yang menanti kita di tema ini. Selamat membaca!

Tujuan pembelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) tema 6 panas dan perpindahnnya untuk kelas 5 SD/MI adalah mengajarkan siswa tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. Melalui pembelajaran ini, siswa akan memahami pentingnya melestarikan budaya dan keragaman etnis.

Mereka akan belajar tentang berbagai adat istiadat, tarian, musik, dan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, pembelajaran ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan menghargai perbedaan antarbudaya.

Diharapkan siswa dapat memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam keberagaman budaya Indonesia serta menjaga dan melestarikannya untuk generasi mendatang.

Berikut materi mata pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya tema 6 kelas 5 SD/MI panas dan perpindahnnya:
Rangkuman Materi SBdP Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas 5

TANGGA NADA

Tangga nada adalah urutan nada berjenjang dari tingkat terendah sampai tertinggi. Tangga nada ada dua jenis yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik.
Tangga nada diatonik adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah.
do – re – mi – fa – sol – la – si
Contoh alat musiknya berupa piano dan organ.
Lagu daerahnya seperti Kampuang Nan Jauh di Mato dari Sumatera Barat

Tangga nada pentatonik adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.
Jenis pentatonik adalah pelog dan slendro
Nada pelog : do – mi – fa – sol – si
Nada slendro : do – re – mi – sol – la
Contoh alat musiknya berupa gamelan
Lagu daerahnya seperti Lir Ilir dari Jawa Tengah

POLA LANTAI TARI

Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.
Dalam tari terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung.


Pola garis lurus terdiri dari pola lantai horizontal, vertikal dan diagonal. Lalu dikembangkan dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.


Pola garis lengkung. Berbagai pola lantai juga dapat dikembangkan dari pola lantai ini, seperti lingkaran, angka delapan, garis lengkung di depan, dan garis lengkung di belakang.

GAMBAR CERITA

Gambar cerita merupakan gambar yang menunjukkan aktivitas orang-orang atau hewan-hewan dalam suatu peristiwa. Gambar cerita disebut juga gambar ilustrasi.

Fungsi dari gambar cerita :
  • Memberikan penjelasan dari langkah-langkah kerja.
  • Memberikan penjelasan bentuk alat yang digunakan dalam teks.
  • Menghubungkan tulisan dengan imajinasi pembaca.
  • Menerapkan konsep yang disampaikan.
Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan berbagai alat seperti pensil, kapur tulis, pensil warna atau bahan lainnya yang tidak membutuhkan air. Bahan yang dibutuhkan dalam teknik basah adalah cat air, tinta mandi atau tinta cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

Akhir Kata
Terima kasih telah membaca artikel ini tentang SBdP tema 6 panas dan perpindahnnya kelas 5 SD/MI. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi siswa dan pembaca lainnya. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda agar mereka juga dapat mengambil manfaatnya.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dan jangan lupa untuk selalu berbagi ilmu. Terima kasih.