SILABUS TEMATIK KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI KURIKULUM 2013

Halo, Apa kabar semuanya? Selamat datang di dunia yang penuh warna dan keceriaan, dunia pendidikan anak-anak melalui Silabus Tematik kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI Kurikulum 2013. Dalam kurikulum ini, anak-anak akan dibawa ke petualangan belajar yang menyenangkan dan bermakna melalui pendekatan tematik yang holistik. Silabus tematik ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang menarik, mengasyikkan, dan relevan dengan perkembangan zaman. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang keajaiban pendidikan tematik ini. Mari kita teruskan membaca.

SILABUS TEMATIK KELAS 123456 SD/MI KURIKULUM 2013

Selain RPP yang harus dilengkapi oleh guru adalah silabus. Silabus merupakan salah satu komponen perangkat pembelajaran dalam kurikulum sekelompok tema yang mempunyai mata pembelajaran tertentu, yang mencakup kompetisi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Tujuannya adalah untuk menyiapkan contoh dokumen pengembangan kurikulum tematik di kelas sekolah dasar:

  • Memberikan informasi dan gambaran umum tentang pembelajaran tematik.
  • Memberikan pemahaman awal kepada guru tentang pembelajaran tematik yang sesuai untuk perkembangan siswa kelas dasar.
  • Membekali guru dengan keterampilan merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.
  • Memberikan informasi, informasi dan pemahaman kepada pemangku kepentingan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tematik.

Komponen-komponen dalam Silabus Tematik Sekolah Dasar Kurikulum 2013 mencakup pendekatan pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar. Pendekatan pembelajaran menekankan pada pembelajaran tematik terpadu yang mengintegrasikan beragam mata pelajaran.

Tujuan pembelajaran disusun untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Materi pembelajaran mencakup berbagai topik yang relevan dengan tema tertentu. Kegiatan pembelajaran diformulasikan untuk memfasilitasi pemahaman siswa.

Penilaian dilakukan secara holistik untuk mengukur capaian siswa. Sumber belajar meliputi buku teks, multimedia, dan lingkungan sekitar siswa.

Contoh Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Semester 1
Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 menggali keceriaan anak melalui materi bermain dan belajar. Dengan pendekatan tematik, siswa diajak menjelajahi alam, menyanyi, dan bercerita.

Contoh Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 Semester 2
Pada semester 2 untuk kelas 1 SD dengan Kurikulum 2013, silabus tematik memuat beragam materi yang menarik. Mulai dari pembelajaran tentang alam sekitar, cerita-cerita menarik, hingga cara berkomunikasi yang baik.

Melalui pendekatan tematik, siswa diajak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan menantang. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat mengembangkan minat dan bakatnya secara optimal. Selain itu, guru juga berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam mengeksplorasi pengetahuan secara lebih mandiri.

Dengan demikian, pembelajaran tidak lagi terasa monoton, namun menjadi petualangan yang penuh warna bagi anak-anak.

Silahkan download silabus tematik kelas 123456 SD/MI :

Silabus Tematik Kelas 1 

Tema 1Tema 2. Tema 3Tema 4Tema 5. Tema 6Tema 7. Tema 8

Silabus Tematik Kelas 2

Tema 1Tema 2Tema 3Tema 4Tema 5Tema 6Tema 7Tema 8

Silabus Tematik Kelas 3

Tema 1Tema 2Tema 3Tema 4Tema 5Tema 6Tema 7Tema 8

Silabus Tematik Kelas 4

Tema 1Tema 2Tema 3Tema 4Tema 5Tema 6Tema 7Tema 8Tema 9

Silabus Tematik Kelas 5


Silabus Tematik Kelas 6

Akhir Kata

Sampai di sini, kita telah menjelajahi tentang silabus tematik SD kurikulum 2013. Dalam artikel ini, kita telah mengetahui pentingnya pendekatan tematik dalam pembelajaran di sekolah dasar, serta bagaimana silabus ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi Kamu semua. Sekarang, saatnya kita berpisah dengan artikel yang menarik ini. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Kamu agar mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih telah membaca!